Pupuk kompos

TIPS MUDAH MEMBUAT PUPUK KOMPOS

Pupuk kompos

Tahap paling penting dalam perawatan tanaman di rumah anda adalah dengan memberi pupuk secara bertahap. Dimana tanah dengan nutrisi tinggi dapat membantu tumbuh tanaman agar lebih sehat dan cantik. Selain itu apabila anda merasa kesulitan dalam mencari pupuk yang anda inginkan maka anda dapat mencoba membuat pupuk sendiri di rumah.

Hanya dengan menggunakan sisa bahan makanan dan sampah organik lainnya maka nutrisi tanaman anda dapat terpenuhi dengan baik.

Berikut adalah cara mudah membuat pupuk bagi tanaman anda:
1. Pilih wadah yang akan anda gunakan untuk membuat pupuk kompos, apakah anda ingin mengunakan wadah tertutup atau terbuka. Keunggulan dari menggnakan wadah tertutup adalah mudah dalam mengkompos tanaman serta bersih namun anda harus pandai mengatur kelembapan pada wadah tersebut. Sedangkan bila anda menggunakan wadah terbuka, maka kelemahannya adalah bau sedap pada kompos akan keluar dari tempat tersebut serta pupuk kompos ini menyebabkan tidak enak dipandang oleh mata selama proses.

2. Tumpuk campuran kotoran dari taman kemudian tambahkan sisa makana dan tambahkan secara berkala setiap pagi atau malam. Pertimbangkan keseimbangan antara campuran bahan yang basah dan kering

3. Aduk secara merata wadah tersebut seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang merata dalam wadah adonan. Jaga kelembapan dari wadah anda untuk tidak terlalu kering dan terlalubasah. Pupuk anda akan siap digunakan setelah beberapa bulan kedepan. Mengenai bahan campuran maka anda dapat menggunakan sisa sisa potongan daun, sayur, rumput, buah dan biji bian atau sobekan kertas yang sudah tidak terpakai sebagai bahan tambahan pupuk kompos anda. Sekedar untuk tambahan penting bahwa anda dilarang untuk menggunakan sampah makanan daging dan berlemak serta bahan non orgaik seperti plastic dan kayu.

Loading...