Rumah 1 Lantai Dengan Garasi

Tips Sederhana Menghitung Bahan Material Bangunan Rumah Idaman

Dalam ilmu teknik bangunan, untuk mendapatkan Rencana Anggaran biasanya cara untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan dan upah kerja . Sebagai hasil analisis dari dua jenis biaya , harga satuan akan diperoleh menghasilkan Rencana Anggaran Biaya .

Alat analisis yang digunakan untuk menghitung bahan bangunan adalah ilmu matematika dengan menggunakan dasar rumus luas dan volume dan akurasi menggunakan gambar , atau kemampuan untuk menganalisis konsep jika tidak ada gambar . Daerah gambar dengan bangunan akan memfasilitasi perhitungan ukuran luas penampang atau volume pekerjaan untuk mendapatkan kebutuhan bahan bangunan .

Kami akan menjelaskan dua cara untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan dengan cara sederhana , yaitu perhitungan berdasarkan jenis pekerjaan dan perhitungan berdasarkan gambaran .

Perhitungan Berdasarkan Jenis Pekerjaan
Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghitung volume setiap jenis pekerjaan , silahkan baca uraian berikut :

  1. Hitung volume pekerjaan yang memiliki luas dan ketebalan atau penampang dan panjang dengan menggunakan meter kubik . Sebagai contoh pasangan batu , bata , trestle .
  2.  Hitung volume pekerjaan yang memiliki ketebalan yang luas dan relatif tipis menggunakan meter persegi . misalnya pasangan Langit-langit, pengecatan , plesteran dinding dan lantai .
  3. Hitung kebutuhan bahan menggunakan buah satuan / item . Contoh: lemari , colokan , wastafel , kunci , switch dan lampu , peralatan sanitasi .
  4. Hitung bahan bangunan memiliki sectional memanjang menggunakan satuan meter .
  5. Hitung kebutuhan bahan bangunan yang terdiri dari beberapa komponen yang dirakit menjadi sebuah bahan tunggal satuan / item . Contoh: lemari pakaian, rak piring , meja kompor, panel listrik .

Perhitungan Berdasarkan Gambar Bangunan
Site plan , selain menampilkan bentuk bangunan dan semua bagian rumah , juga dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan . Gambar yang dimaksud adalah denah rumah, gambar ( tampak samping, depan , dan belakang ) , gambar slice , detail gambar , serta gambar instalasi listrik dan sanitasi .

Setiap gambar memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda . Denah menunjukkan bagian bangunan yang terlihat dari atas dan menjelaskan semua bagian bangunan secara keseluruhan , dapat digunakan untuk menghitung volume galian , Volume pondasi , volume batu , langit-langit dan luas lantai , jumlah peralatan sanitasi .

Gambar rumah yang bisa dilihat dari sisi , depan dan belakang . Anda dapat menggunakan gambar tradisional untuk menghitung volume plesteran , lisplank panjang dan atap , area atap , jenis dan bentuk pintu dan jendela .

Potongan gambar , menggambarkan bangunan berdiri sebagai tinggi bangunan yang tepat di dalam rumah . Dengan menggunakan gambar ini Anda dapat menghitung luas dinding bagian dalam untuk mendapatkan jumlah plesteran dan cat dinding bagian dalam rumah .

Gambar slice juga dapat digunakan untuk menghitung trestle , luas dan lebar pintu dan jendela . Anda dapat menggunakan gambar instalasi listrik untuk menentukan bagaimana kebutuhan switch, soket , fiting lampu , kabel dan lampu .

Arsitektur desain rumah minimalis 2014 Contoh desain rumah tipe 45 minimalis 2014 Denah rumah tipe 45 minimalis 2014 sederhana Desain rumah minimalis 2 lantai 2014 Terbaru Desain rumah minimalis sederhana modern 2014 Model rumah minimalis 2 lantai sederhana 2014 Model Rumah Sederhana 2014 1 Lantai Rumah 1 Lantai Dengan Garasi Sketsa Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai

Itulah Tips Sederhana Menghitung Bahan Material Bangunan Rumah Idaman barangkali dapat menjadi bahan ide untuk mempercantik rumah impian Anda. lihat koleksi desain rumah keren lainnya seperti Tips dan Gambar Desain Carport di Rumah Idaman semoga bermanfaat.

Loading...