desain rumah kayu 2 lantai

Pemilihan Jenis Kayu Untuk Desain Rumah Kayu

Desain Rumah Kayu – Mendesain sebuah rumah memang memerlukan keahlian khusus. Apalagi jika anda ingin membuat sebuah rumah yang bahannya terbuat dari kayu. Desain rumah kayu cukup banyak diminati oleh masyarakat. Kebanyakan peminat dari rumah kayu adalah orang yang menyukai seni atau artistik. Rumah kayu memang memiliki sebuah karakter dan tidak perlu repot untuk menambahkan motif. Pemilihan kayu yang bagus akan menampilkan motif yang memiliki corak khusus.

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah yang seutuhnya terbuat dari kayu, relative lebih mahal dibanding rumah batu. Ini dikarenakan stok pasokan kayu yang ada sudah sangat minim. Pemesanan kayu khusus bahkan harus menunggu untuk waktu yang lama dengan jumlah yang sedikit pula.

Model rumah kayu tradisional sampai modern dapat anda jumpai di beberapa daerah perkampungan yang anda di Indonesia. Pemakaian bahan kayu yang mereka gunakan pun cukup beragam untuk menghemat biaya pembangunan. Berikut jenis kayu yang bagus anda gunakan untuk membangun sebuah rumah yang terbuat dari kayu.

Kayu Bengkirai
Kayu ini merupakan salah satu dari ratusan jenis kayu bagus pilihan untuk membangun sebuah rumah kayu. Kayu ini sangat dengan mudah dibentuk karena, kayu ini sangat mudah di serut dan dipotong. Dalam kesehariannya kayu ini banyak digunakan oleh para pengrajin untuk membuat beraneka ragam produk dari kayu.

Kayu kamper
Kayu yang satu sangat kami rekomendasikan. Pemakaian kayu ini sudah sangat umum digunakan untuk pembangunan rumah kayu di Indonesia, karena memiliki kualitas yang bagus. Kayu ini terkenal sangat kuat dan awet dengan tekstur yang cukup halus. Harga kayu kamper ini masih lebih murah dibanding dengan kayu bengkirai diatas. Sehingga bagi anda yang memiliki dana yang kurang, solusi terbaik adalah memperbanyak pemakaian kayu ini.

Kayu jati
Kayu ini sudah sangat umum dimasyarakat. Serat dan tekstur yang paling indah membuat kayu ini sebagai pilihan terbaik untuk membangun sebuah rumah dengan motif. Kayu jati juga termasuk kayu yang awet dan kuat, karena terbukti cukup tahan terhadap jamur dan rayap. Kayu jati juga dapat dengan mudah didapatkan. Karena, hampir setiap took kayu dan bangunan pasti memiliki potongan kayu ini. Perkebunan pohon jati juga banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Karena, kayu jati termasuk jenis kayu yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Kayu merbau
Kayu jenis ini cukup keras dan stabil sebagai alternative pembanding dengan kayu jati. Ketahanan kayu ini tidak jauh berbeda dengan kayu jati yang juga cukup tahan terhadap cuaca, jamur, dan serangan serangga seperti rayap. Pohon kayu ini banya kita temukan di pulau Irian atau papua.

Kayu Ulin
Kayu yang satu ini biasa juga dikatakan kayu besi atau kayu beton. Kekuatannya hampir sama dengan beton. Teksturnya yang hitam dan kuat membuat kayu ini paling dicari oleh pemburu kayu. Harga yang relative mahal karena, untuk mendapatkan kayu sangat susah.

Loading...