all-purpose-ceramic-tiles-forum

Design Interior Rumah Minimalis Lantai Keramik Vs Granit

Posted on

Design Interior Rumah Minimalis Lantai Keramik Vs Granit – Hampir sama seperti halnya trend fashion, di dunia arsitektur pun juga berlaku apa yang dinamakan dengan trend. Sebagaimana yang terjadi saat ini pada design interior rumah minimalis, yang mana pegunaan granit yang semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kelebihannya secara umum adalah memiliki karakter yang jauh lebih kuat, tahan lama, dan juga tampilannya tampak sangat modern nan elegan.

Penggunaan granit sebagai design interior rumah minimalis

Buat Anda yang masih awam di dalam bidang arsitektur, inilah sekilas informasi yang bisa kami bagikan mengenai granit yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi atau pun ide terbaik untuk design interior rumah minimalis modern yang akan Anda bangun. Granit adalah bebatuan yang memilik sifat cukup kuat, keras, dan ukurannya cukup besar serta banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan tamabahan untuk konstruksi bangunan supaya jadi lebih kokoh.

Apabila dulunya granit ini lebih banyak dipakai untuk pembangunan gedung megah, perkantoran, mall, dan lain sebagainya, namun sekarang pemanfaatan granit ini ternyata juga banyak diterapkan pada rumah berkonsep minimalis. Ubin granit hadir di pasaran dengan ukuran mulai dari 60 x 60 cm, hingga 120 x 120 cm.

all-purpose-ceramic-tiles-forum

awsome-ceramic-floor-tiles-arketipo

ceramic wall tiles

ceramic-wall-tiles

contemporary-ceramic-floor-tiles-arketipo

creative-ceramic-floor-tiles-arketipo

creative-ceramic-floor-tiles-focus

imaginative-ceramic-floor-tiles-bellagio

imaginative-ceramic-floor-tilespietre-incise

modern-ceramic-floor-tiles-arketipo

modern-ceramic-floor-tiles-focus

new-ceramic-floor-tiles-eko-logic

present-ceramic-floor-tiles-eko-logic

recent-ceramic-floor-tiles-eko-logic

up-to-date-ceramic-floor-tiles-eko-logic

attractive-ceramic-floor-tiles-bellagio

up-to-the-minute-ceramic-floor-tiles-eko-logic

Design interior rumah minimalis lantai granit vs keramik

Kekuatan

Penggunaan lantai granit ini pada proses pembuatannya harus dibakar terlebih dulu pada suhu 1.230 derajat celcius dan dipress dengan kekuatan sekitar 7.200 ph. Ini sebab material granit jadi lebih padat serta menyatu. Sementara itu untuk keramik sendiri, diproses dengan pembakaran dengan suhu sekitar 1.000 derajat celcius. Dengan begitu meskipun keras dan juga kaku, tapi keramik ini lebih rapuh bila dibandingkan dengan granit.

Tahan gores

Untuk bagian permukaannya proses pembuatan granit adalah dengan cara dilakukan pemolesan, sehingga hasilnya lebih mengkilap. Keunggulan dari proses satu ini adalah permukaan granitnya akan menjadi lebih tahan terhadap goresan bila dibandingkan dengan keramik. Sebab keramik proses produksinya adalah dengan cara melapiskan pasir kuarsa di permukaannya untuk menjadikan keramik tersebut mengkilap, tetapi bahan glasur atau pun pelapis ini rentan sekali terhadap gesekan.

Presisi

Seluruh granit dibuat dengan cara cutting size atau pun tingkat presisi yang sangat siku. Ini artinya hanya dengan nat selebar 1 mm saja di dalam pemasangannya posisi granitnya juga sudah sangat presisi. Hal tersebut tentu berbeda dengan keramik uncutting yang perlu lebatnat sekitar 2 hingga 3 mm, sehingga menjadikan tingkat presisinya kurang optimal.

Variasi pola

Salah satu yang jadi kelemahan dari granit ini adalah variasi pila yang jauh lebih terbatas jika dibandingkan dengan menggunakan keramik. Pasti saja bagi para penggemar warna serta pola ornamen untuk lantai rumahnya, penggunaan keramik akan jauh lebih menarik.

Ketahanan terhadap noda

Pada granit yang bertipe tile generasi 1 atau pun printing, pori-porinya lebih tergolong lebar, sehingga bisa menyerap cairan. Ini sebabnya bahan tersebut rawan sekali terhadap flek, sebagai solusinya Anda dapat memilih granit tile generasi 2 atau pun 3 yang pori-porinya sudah ditutup semua dengan proses crystalisasi, sehingga sama sekali anti noda. Sedangkan pada keramik sendiri sangat tahan noda sebab tidak memiliki pori-pori.

Motif warna alam seperti bebatuan, kayu, atau pun beton pada lantai granit akan memberi kesan yang alami dan tropis pada design interior rumah minimalis milik Anda. Nah, semoga saja ulasan d atas  bisa memberi referensi terbaik bagi Anda semuanya.